Sunday 23 January 2011

Toire No Hanako - Hantu Toilet



Toire no Hanako atau yang biasa dikenal dengan Hanako si hantu penghuni toilet, adalah salah satu hantu yang populer di kalangan anak sekolah Jepang. Kepopulerannya seringkali membuat youkai ini sering ditampilkan dalam manga, anime, maupun film. Setiap membicarakan tentang toilet yang terbilang angker, orang Jepang bahkan mengaitkan dengan hantu Hanako. Siapa sebenarnya Hanako itu?


Toire No Hanako, atau bisa juga di panggil Hanako si Hantu toilet merupakan salah satu dari 7 keanehan disekolah-sekolah jepang. Biasanya Hanako muncul di toilet perempuan di gedung SD. Namun, Kabarnya sekarang Hanako tidak hanya muncul di gedung SD, tetapi juga muncul di Sekolah tingkat Menengah (SMP, SMA, dll). Hanako merupakan mitos yang cukup terkenal di jepang, sehingga youkai ini sering juga ditampilkan dalam Manga, Anime, Film, atau Dorama sekalipun. Wujudnya seperti anak perempuan pada umumnya, memakai baju seragam sekolah dengan rok merah, berambut bob pendek, dan biasa muncul di kamar mandi sekolah-sekolah SD di Jepang dan hanya muncul pada pukul 4.44 sore.


Urban legend mengatakan, bahwa saat itu ada seorang anak kecil yang tengah bersembunyi di toilet sekolah dari kejaran ibunya yang gila, namun malang ia berhasil ditemukan dan dibunuh oleh sang ibu, versi lainnya menyebutkan Hanako adalah anak kecil yang tewas akibat serangan udara Perang Dunia II, saat ia sedang bermain petak umpet bersama temannya dan bersembunyi di toilet.


Setiap anak sekolah punya versi cerita Hanako-nya masing-masing. Kehebohan hantu Hanako ini kembali terjadi pada tahun 1980 di mana hantu Hanako itu muncul tidak lagi di sekolah SD tapi juga di SMP maupun SMA. Biasanya, Hanako hanya menampakkan diri di toilet perempuan. Kalaupun dia bisa terlihat oleh anak laki-laki, kemungkinan toilet yang disemayami Hanako adalah toilet unisex. 

Tidak seperti kebanyakan youkai yang menampakkan diri di malam hari, Hanako biasanya muncul di siang hari saat jam sekolah. Keberadaan Hanako sering dijadikan ajang uji nyali bagi anak-anak SD di Jepang. untuk 'memanggilnya', setiap anak yang masuk ke dalam toilet harus memanggil nama 'Hanako'. Jika si hantu merespon, maka ia akan menjawab "Ya, aku ada disini". Kalaupun tidak menjawab, biasanya ia akan menampakkan diri dengan sosok anak perempuan memakai rok merah dan rambut bob berponi. Namun ada juga beberapa anak sekolah yang suka mem-bully temannya dengan mengunci di toilet agar si teman panik ketakutan bertemu dengan Hanako. Ada yang mengatakan hantu Hanako baru akan muncul jika seseorang yang 'akan melihat'nya tengah dirundung ketakutan-ketakutan. Takut akan kegelapan kamar mandi, kematian.



Keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa dan tidak suka meneror dengan rasa dendam. Ia hanya makhluk halus yang sekedar muncul untuk menunjukkan eksistensinya dan menjadi 'maskot' hantu mas kini yang ditakuti anak-anak. Orang yang melihatnya paling akan lari terbirit-birit dan Hanako tidak akan mengejar. Tidak ada cara khusus untuk menangkal Hanako. Bahkan ada yang menyebutkan jika hantu Hanako pada aslinya sosok yang baik bahkan mau menolong siapa saja yang tengah dalam masalah dan disebut-sebut kerap membawa keberuntungan.



No comments: